LAPORAN HASIL DISKUSI
( Kenakalan
Remaja )
Kelas XI IPA MA Sabilil Muttaqien
Hari/Tanggal :
Rabu , 31 Oktober 2012
Waktu
: 8.30 – 9.15 dan 9.30 – 10.15 WIB
Tempat
: Ruangan Kelas XI IPA
Judul
Makalah :
Kenakalan Remaja
Pelaksan
Diskusi
1. Penyaji
:
Kelompok II
2.
Moderator : Aminah
3.
Notulis
: Ai Indah
4.
Daftar Hadir : Seluruh Siswa Dan Siswi Kelas XI IPA
Acara
1.
Pembukaan
Moderator
membuka diskusi dengan mempersilahkan penyaji untuk mempresentasekan hasil
diskusi ( materi yang akan di bawakan )
2.
Penyajian
Pembicara
menyampaikan materi mengenai seks bebas di kalangan remaja secara garis
besarnya . kemudian mempersilahkan peserta diskusi untuk membaca materi yang
lebih lengkap dalam makalah yang telah di bagikan oleh penyaji.
Pertanyaan
:
1.
Saeful Yusuf.
Apa yang
dimaksud dari kenakalan remaja yang merupakan kenakalan orang tua .
2.
Siti Masitoh
Salah
satu contoh kenakalan remaja adalah merokok . Hal – hal apa sajakah yang harus
di lakukan untuk mengatasi kenakalan remaja dan kiat – kiatnya .
3.
Yulia Anis
Bagaimana
cara mengatasi kenakalan remaja dari pihak :
Pemerintah
Sekolah
Masyarakat
Keluarga
Jawaban
:
1.
Pertanyaan dari Siti Masitoh
Sariyanti
menjawab pertanyaan dari saudara Siti Masitoh
“
hal – hal yang harus dilakukan yaitu pihak sekolah harus membantu semacam
slogan mengenai bahaya dari rokok tersebut “ .
Tanggapan
dari Siti Masitoh ( penanya ) :
“
namun jika kita melihat realita yang ada walaupun sudah di buat semacam slogan
tersebut masih ada juga siswa yang merokok “.
Tanggapan
balik dari Sariyanti ( penyaji ) :
“
dari pihak sekolah harus mengadakan itu, namun kembali lagi kepada pribadi atau
kesadaran masing – masing individu . “
Tambahan
dari Julian Indri sebagai pihak penyaji :
“
dari pihak sekolah sebaiknya membuat suatu peraturan , yang mana peraturan
tersebut telah di sepakati oleh semua elemen dari sekolah dan bagi pihak yang
melanggar di kenai sanksi “.
Tanggapan
dari Meittha Amelia R( penanya ) :
“
saya rasa jawaban dari Sariyanti sudah jelas , namun saya masih kurang mengerti
dengan jawaban yang di berikan oleh Julian Indri . Sebagai contoh walaupun
sudah ada sanksi namun masih banyak pihak yang tetap merokok sebagai contoh
dari pihak guru masih ada saja yang melanggar hal tersebut “.
Tanggapan balik
dari Julian Indri ( penyaji ) :
“
maaf saat disini mungkin anda salah paham dengan maksud saya . Maksud saya di
sini perlu di rundingkan secara baik- baik auran yang telah di buat dan di
sepakati bersama sehingga apabila ada yang melanggar maka akan di berikan
sanksi yang tegas atas perbuatan tersebut “.
Tanggapan
dari Siti Masitoh ( penanya ) :
“
Maaf saya rasa jawaban yang anda berikan kurang tepat “.
Tanggapan
dari Sariyanti ( penyaji ) :
“
disini saya akan menjawab pertanyaan dari anda , hal – hal yang harus dilakukan
yaitu dengan adamya slogan – slogan tentang bahaya merokok bagi si pengguna dan
perlu adanya tindakan berupa sanksi yang tegas bagi yang melanggar aturan “.
Tanggapan
dari saudara Siti Masitoh ( penanya ) :
“
namun dari kedua hal yang anda sebutkan masih saja adanya siswa yang
merokok “.
Tanggapan
dari sariyanti ( penyaji ) :
“
hal tersebut kembali lagi kepada kesadaran individu masing – masing
karenaapabila jika ada kesadaran individu tentang bahaya rokok “.
Tanggapan
dari Siti Masitoh ( penanya ) :
“
saya rasa jawaban nya sudah cukup jelas “.
2.
Pertanyaan dari Saeful Yusuf
Julian
Indri menjawab pertanyaan dari Saeful Yusuf :
“
Maksudnya yaitu orang Tua yang salah mendidik anaknya terkadang kita melihat
remaja melakukan kenakalan remaja yang di sebabkan faktor lingkungan ( teman )
dan lingkunga keluarga ( orang tua ) seperti contoh orang tua yang melakukan
perselingkuhan , pertengkaran yang menyebabkan anaknya meniru perbuatan orang
tua“.
Tangggapan
dari Sariyanti ( penyaji ) :
“
Kenakalan Remaja adalah kenakalan orang tua , Maksudnya sebagai perwujudan
gagalnya orang tua dalam mendidik anaknya “.
Tanggapan
dari Saeful Yusuf( penanya ) :
“
Penjelasan dari Sariyanti kurang dimengerti karena penjelasannya berbelit –
belit . kegagalan yang di maksud itu seperti apa ???
Tanggapan
dari Sariyanti ( penyaji ) :
“
Perwujudan dari gagalnya orang tua mendidik anaknya yaitu orang tua hanya mampu
memfasilitasi sedangkan tidak adanya kasih sayang terhadap anak , sementara
kita ketahui bersama bahwa kasih sayang orang tua sangat di butuhkan “.
Tanggapan
dari Laely Najihatun( penyaji ) :
“
Secara langsung kenakalan orang tua berarti kegagalan orang tua “.
Intrupsi
Siti Masitoh :
“
saya harap yang menjawab tiidak hanya itu – itu saja “.
Tanggapan
dari Saeful Yusuf( Penanya ) :
“
jawaban dari Laely Najihatun hanya tambah membingungkan saja tolong di perjelas
“.
Tanggapan
dari Julian Indri ( penyaji ) :
“
kenakalan orang tua yaitu satu perwujudan dari kegagalan orang tua dalam
mengurus anaknya “.
Tanggapan
dari Saeful Yusuf( penanya ) :
“
tolong simpulkan maksud dari kenakalan orang tua “.
Tanggapan
dari Sariyanti ( penyaji ):
“
kenakalan orang tua dapat di tiru anaknya , dapat membawa anakanya dalam
kenakalan remaja dan itu merupakan kegagalan orang tua “.
Tanggapan
dari Saeful Yusuf( penanya ) :
“
jadi kesimpulannya bahwa kenakalan remaja dapat terjadi karena kegagalan orang
tua dalam mendidik anak nya , jawabanya saya rasa cukup jelas “ .
3.
Pertanyaan dari Yulia Anis,Laely Najihatun menjawab
pertanyaan dari Yulia Anis:
“
Adapun cara mengatasi kenakalan remaja yaitu :
Pihak pemerintah , ysitu mencegahnnya dengan cara mengoptimalisasi kerja dari
lembaga kepolisian
Pihak Sekolah , yaiu dengan di adakanya pelajaran tentang pendidikan
kewarganegaraan
Pihak masyarakat , yaitu dengan menanamkan nilai – nilai seperti norma agama ,
Pihak keluarga , yaitu dengan membina dan mengembangkan kepribadian dari remaja
.
Tanggapan
dari Yulia Anis ( penanya ) :
“
Yang anda jelaskan tadi adalah cara mencegah terjadinya kenakalan remaja ,
namun yang saya inginkan adalah cara mengatasi . sebelumnya anda perlu ketahui
terlebih dahulu makna mencegah dan mengatasi . Mencegah berarti sebelum terjadi
kenakalan remaja namun yang saya maksud adakah setelah terjadi kenakalan
remaja”.
Tanggapan
balik dari Laely Najihatun ( penanya ) :
“ Baik
saya ralat jawaban saya “.
Pihak pemerintah , yaitu misalnya tawuran , dari pihak pemerintah menurunkan
aparat kepolisian untuk mengamankannya .
Pihak masyarakat , yaitu dengan tidak mengucilkan remaja yang terlibat dalam
kenakalan remaja .
Pihak sekolah , yaitu memberikan sanksi tegas kepada pelaku kenakalan remaja
dan pembina guru BP
Pihak keluarga , yaitu dengan memberikan sanksi kepada anaknya .
Tanggapan
dari Yulia Anis ( penanya ) :
“
sanksi tegas apa yang di berikan orang tua kepada anaknya “?
Tanggapan
balik dari Laely Najihatun ( penyaji ) :
“”
apabila seorang remaja melakukan kenakalan remaja , maka orang tua dapat
memberi sanksi berupa :
Membatasi uang jajan
Membatasi waktu bermain dan bersenag senanng
Membatasi fasilitas
Tanggapan
dari Yulia Anis ( penanya ) :
“
saya rasa jawaban nya jelas dan saya terima “.
Moderator menutup diskusi dengan menyimpulkan presentase hasil diskusi dari
kelompok II .
1.
Masa remaja merupakan masa dimana seorang individu mengalami peralihan dari
suatu tahap ketahap yang lain , dan mengalami perubahan baik emosi ,
tubuh , minat, pola prilaku , dan juga penuh dengan masalah –masalah .
2.
Hal-hal yang bisa dilakukan untuk megatasi kenakalan remaja :
a.
Kegagalan orang yang mencapai identitas peran dan lemahnya kontrol diri bisa di
cegah atau di atasi pada prinsipnya keteladanan .
b.
Adanya motivasi dari keluarga , guru, teman sebaya , untuk melakukan point
pertama .
c.
Kemauan orang tua untuk membenahi kondisi keluarga sehingga tercipta
keluarga yang harmonis dan komunikatif dan nyaman bagi remaja .
d.
Remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orang tua memberi
arahan dengan siapa dan dikomunitas mana remaja harus bergaul .
e.
Remaja membentuk ketahan diri agar tidak terpengaruh jika ternyata teman sebaya
atau komunitas yang ada tidak sesuai harapan .
Notulis
Ai Indah
terimakasih:)
ReplyDelete