Wednesday, January 23, 2013

SEJARAH PERKEMBANGAN IWP


I.      Tahap Permulaan
Sesuai dengan tujuan memajukan Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM),maka dibentuklah suatu anak bagian organisasi yang bernama “ DJUMIYYAH MAJLISIYYAH TALAMIDZ ” disingkat DMT,  yang diprakarsai langsung oleh Kyai Imam Mursyid Muttaqien,Bp Imam Soeradji, Bp Teguh dll. Organisasi ini di bentuk pada tahun 1945, organisasi pelajar ini pada prinsipnya adalah untuk mengumpulkan dan membina warga PSM yang tergabung dalam Sekolah Guru Mu’alimin (SGMI).
Pembinaan ini diarahkan pada kesadaran anak untuk berlatih organisasi guna membekali diri sebaik mungkin. Pada tahun 1947 organisasi DJUMIYYAH MAJLISIYYAH TALAMIDZ  (DMT)  mengalami perubahan nama yaitu menjadi : “ IJTIHAD MAJLIS SYUBAN ” disingkat IMS, hal ini dimaksudkan untuk lebih memperluas dan lebih mengaktifkan organisasi ini dalam setiap gerak perjuangan PSM.

II.    Tahap Pembaruan
Sepeninggal para pendahulu dan para syuhada’ PSM,para santri sadar akan tugas dan kewajibannya untuk meneruskan apa yang telah menjadi cita-cita luhur PSM. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perubahan system pendidikan sekolah yang semula SGMI menjadi madrasah,hal ini pula yang membawa perubahan nama organisasi yang semula IMS menjadi IWP (Ikatan Warga Pelajar) sesuai dengan MUSYKERDIK I 1967 tepatnya tanggal 05 April 1967 yang memutuskan bahwa IWP (Ikatan Warga Pelajar) merupakan satu-satunya organisasi atau wadah dalam pembinaan pelajar di lingkungan Pesantren Sabilil Muttaqien (PSM).
Melalui IWP ini pembinaan pelajar dalam berlatih organisasi diharapkan dapat berjalan dengan baik,mempunyai hakekat tujuan internal maupun eksternal.
 Tujuan internal yaitu bertujuan mendidik pelajar PSM berilmu-beramal-bertaqwa,sehingga dapat tercipta manusia yang beridealisme tinggi dalam meneruskan citi-cita luhur PSM. Sedangkan Tujuan eksternal yaitu bertujuan mendidik pelajar PSM menjadi orang yang mampu dan bisa berbhakti pada masyarakat,negara dengan landasan Islam.

No comments:

Post a Comment