Thursday, November 21, 2013

Preview (Kilas Balik 2003-2013)

Semangat Tahun Baru 1435 Hijriyah Untuk Menuju Kedepan yang Jauh Lebih Baik

Momentum-momentum indah memang sulit 'tuk bisa dilupakan dan begitu juga sebaliknya, dari masa kecil sampai dewasa bahkan sampai tuapun tentunya kita punya banyak momentum² indah yang tersimpan dengan baik di memori otak kita. Momentum di saat bersama keluarga, sahabat ataupun saat kita sendiri dan alangkah bagusnya kalau momentum indah itu bisa kita abadikan dengan tulisan ataupun dengan photo sebagai kenang-kenangan dan bahan cerita ataupun pelajaran kita kelak di masa yang akan datang.
Dalam tulisan kali ini sengaja saya berbagi sedikit momentum di masa sekolah dulu sampai dengan saat ini yang berhasil saya abadikan dengan beberapa kata & photo.

(1). Joresan - Ponorogo 2003 
Darul A'la (Istana Atas Awan)
"Tiada masa paling indah... masa-masa di sekolah" begitu bunyi bait lirik lagu yang melegenda karya Obbie Messakh. Photo di samping diabadikan pada saat saya masih nyantri (mesantren sambil sekolah.red) di Joresan PO,diambil di sebuah angkring (gubuk kecil disediakan untuk murid yang tidak mukim di pesantren) miliknya Bp. Baidi alm. yang terletak di dekat pondok yang biasa kami sebut dengan Darul A'la (istana atas awan). Biasa pulang sekolah saya tidak langsung balik ke pondok tapi mampir ke angkring ini atau malam hari saat tidak ada /selesai kegiatan di pondok,tempat ini jadi tujuan utama saya, sekedar untuk ngobrol ngalor ngidul bersama kawan-kawan seperjuangan.

(2). Joresan - Ponorogo 2003 
Ikatan Siswa-siswi Al-Islam Magetan (IKSAMA)

Masih semasa nyantri doeloe, saya ikut dan aktif di beberapa organisasi,selain aktif di organisasi sekolah juga aktif di organisasi luar sekolah,salah satunya organisasi kedaerahan yaitu IKSAMA (Ikatan Siswa-siswi Al-Islam Magetan) sebuah organisasi yang berada di lingkup yayasan /sekolahan Al-Islam. Organisasi ini didirikan untuk mewadahi kreatifitas santri,pelajar berasal dari Magetan sekaligus untuk mempererat jalinan silaturrahim sesama santri,pelajar putra-putri Magetan,kebetulan pembina dan pengasuh organisasinya adalah Kyai pondok saya yaitu KH Nurul Hamdi (posisinya yang di tengah dalam photo di atas). Beliau memang asli putera Magetan yang sukses menjadi tokoh di Joresan,beliau seorang yang sangat tawadlu,bersahaja dan istiqomah luar biasa yang pernah saya kenal sehingga saya sangat ta'dzim dan menaruh hormat terhadap beliau meskipun beliau terkadang "geleng-geleng kepala" melihat tingkah polah saya waktu itu ha..ha..
Photo di samping diambil ketika kegiatan pelantikan pengurus baru IKSAMA periode setelah saya,praktis saya tidak menjabat kepengurusan lagi setelah pelantikan itu dan memang sudah menjadi agenda tahunan IKSAMA untuk mengadakan pergantian pengurus tiap setahun sekali yang dimaksudkan untuk memberi kesempatan bagi adik-adik kelas untuk belajar berorganisasi.

(3). Malioboro Jogjakarta 2008

Manurung (manusia turut warung)
 Jogjakarta merupakan kota "gudang"nya seniman,kota budaya dan pelajar, kota yang dulu pernah saya singgahi,kota tempat saya menimba ilmu,kota berjuta kenangan yang telah kami ukir dengan indah disana dan masih cukup banyak lagi gambaran saya tentang kota ini yang tidak mungkin saya tulis semuanya disini, meskipun sekarang juga masih sering ke sana sekedar untuk bernostalgila bernostalgia bersama kawan-kawan yang masih studi,kerja dan buka usaha di sana.
Berbeda dengan saat saya di sekolah dulu, kalau saat kuliah saya tidak berminat mengikuti UKM apapun akan tetapi saya lebih berminat aktif di organisasi alumni dan Paguyuban Sunan Waroeng yaitu sebuah komunitas/kumpulan para penikmat kopi cangkir dari berbagai warkop jatim-an yang berada di Jogja yang biasa kami sebut dengan CAMPUS II "kampus kehidupan", photo di samping diabadikan ketika saya masih tercatat sbg mahasiswa semester akhir di UIN Sunan Kalijogo,mengambil setting di depan monumen SU sebelas Maret perempatan Malioboro dini hari sehabis putar-putar keliling Jogja, tampak terlihat di dalam photo tampang-tampang menggemaskan para sunan warung yang sedang bernarsis ria.

(4). White Campus UIN Sukijo 2009
Wissudah....
Selama transformasi dari IAIN menuju UIN banyak sekali perubahan secara besar-besaran yang dilakukan oleh pihak kampus,mulai dari fisik bangunan sampai dengan peraturan akademik yang semakin "mencekik" mahasiswa-mahasiswa senior seperti saya dan kawan senasib seperjuangan, oleh karena itu mau atau tidak mau,suka atau tidak suka,cepat atau lambat saya/kami harus segera menyelesaikan program strata satu, biar tidak tersiksa dengan peraturan akademik yang saya kira masih mentah untuk diterapkan,juga biar tidak tereliminir dari kampus tercinta dan tentunya nanti akan berakibat fatal bagi saya karena akan membuat kecewa kedua orang tua. Akhirnya setelah kurang lebih 6 tahun lamanya saya "bergelut" dengan buku,jungkir balik di perpustakaan sampai berdarah-darah dan termehek-mehek (ha... spt acara di tv),nangkring di kampus mulai shubuh sampai adzan maghrib sekedar untuk memburu paraf dosen pembimbing dan pengorbanan yang saya lakukan tidaklah sia-sia karena hari yang ditunggu-tunggupun tiba juga yaitu munaqasyah (ujian skripsi sebagai syarat kelulusan) setelah dinyatakan lulus ujian,langsung kupanjatkan puji syukur pada-Nya " Alhamdulillah..... akhirnya saya jadi di wisuda,bahagia rasanya..." bukan bahagia telah lulus dan mendapat gelar sarjana tetapi bahagia melihat, wajah kedua orang tua begitu berbahagia melihat anaknya mampu menyelesaikan kuliahnya. photo di atas diambil ketika saya dan kawan senasib seperjuangan selesai mengikuti prosesi wisuda,tampak terlihat dalam photo wajah-wajah bahagia meskipun yang pakai toga terlihat agak kelelahan. 

(5). Blandongan Kopi Pribumi Jogjakarta 2009
"Selamatkan anak bangsa dari kekurangan kopi"
Sesuai tradisi di kalangan penikmat kopi cangkir Jogjakarta yang tergabung dalam " Paguyuban Sunan Warung  Nagari Ngayogyokarto Hadiningrat" (PSW-NNH), setiap anggota yang telah menyelesaikan studi (wisuda.red) wajib mengadakan resepsi wisuda atau PKG (Perjamuan Kopi Gratis) di warung-warung yang biasa/sering dikunjungi.
makanya jarang sekali para sunan warung yang wisuda sendirian tanpa ada barengan teman karena akan membuat "tipis" isi dompet,dan tentunya acara resepsi wisuda kurang begitu meriah,sakral dan bermakna (he... kayak acara resmi saja..) photo yang ada di samping itu diambil selang beberapa jam setelah saya diwisuda tampak terlihat poro sunan warung menikmati perjamuan kopi gratis he...
Ceritanya waktu itu selesai prosesi wisuda acara saya lanjutkan dengan photo2 bareng bersama keluarga,kawan,fans2 saya dan dosen pilihan,nah.. saat photo2 bareng itu banyak sms masuk yang isinya ucapan selamat tapi juga tidak sedikit sms yang isinya menanyakan kapan dan diwarung mana acara resepsi wisudanya,langsung saja kubalas sms sebentar lagi dan tunggu saja di warung Blandongan Kopi Pribumi, yang terletak di jl.sorowajan sebelah timur kampus UIN sengaja saya pilih disitu karena jaraknya yang dekat dengan kampus dan malamnya baru di MATO kopi yang berada di jalan selokan mataram,maka selesai photo2 di kampus acara langsung saya pindahkan ke warung kopi dan di sana sudah menunggu beberapa teman acaranya santai tidak resmi hanya syukuran biasa,makan-makan,ngopi, nyete/nglelet/mbatik rokok dan sinambi ngobrol ngalor ngidul ngetan ngulon .

(6) YPI PSM Kalipucang Ciamis 2012
Photo bareng dengan Bp. Dahlan Iskan

 Yayasan Perguruan Islam Pesantren Sabilil Muttaqien (YPI PSM) Ciamis adalah cabang yang ke 99 dari Pesantren Sabilil Muttaqien yang berpusat di Takeran Magetan,tempat pengabdian saya setelah lulus kuliah,salah satu agenda tahunannya yaitu Haflah Akhirissanah (wisuda santri) ada yang menarik pada haflah kali ini,seperti biasanya acara haflah dilaksanakan pada waktu sore sampai malam hari akan tetapi haflah kali ini berbeda dengan haflah sebelum dan sesudahnya yaitu sesuai instruksi dari pusat pelaksanakannya dimulai dari pagi hingga siang hari dan waktunya pun dimajukan 2 minggu dari rencana semula sehingga panitia pada waktu itu termasuk saya yang kebetulan jadi juru ketiknya (sekretaris.red) kalang kabut,tidak banyak persiapan,"siap tidak siap pokoknya harus siap..."kata seorang pengurus pusat,akhirnya kami (panitia) pun berlembur ria sampai2 notebook yang kugunakan untuk membuat administrasi acarapun ikut nge-heng (tidak layak digunakan lagi) sebagai tumbal acara hadeuhh...
Usut punya usut tamu yang akan datang pada acara haflah kali ini adalah tamu spesial, ya.. sangat spesial bagi kami dan saya khususnya yaitu seorang yang punya kesibukan luar biasa dan jadwal yang padatnya tidak kalah luarbiasanya juga,sampai tidurpun kadang diperjalanan,beliau adalah alumni PSM juga.. dan juga sebagai pengurus PSM pusat yang merangkap jabatan sebagai Menteri Negara BUMN,beliau adalah Bp. Dahlan Iskan beliau hadir di acara dengan kapasitasnya bukan sebagai menteri negara namun sebagai pengurus pusat dan keluarga besar PSM. Kerja keras panitiapun terbayar lunas,mulai dari kedatangan sampai dengan kepergian beliau,acara berjalan dengan lancar,bahkan panitia sempat photo bareng dengan beliau.
Walaupun kehadiran beliau hanya sebentar karena harus terbang ke Jakarta untuk acara yang lain tetapi kehadiran beliau telah cukup memberikan motivasi dan inspirasi bagi kami yang ada di Ciamis.

(7). YPI PSM Kalipucang Pangandaran 2013
DRUMCORPS IWP PSM PANGANDARAN
Setelah memisahkan diri dari peta wilayah daerah kab. Ciamis akhirnya Pangandaran resmi menjadi kabupaten tersendiri dengan nama Daerah Otonomi Baru (DOB) Pangandaran,Kalipucang juga termasuk kedalam wilayah kab. DOB Pangandaran dan secara otomatis PSM yang dulunya cabang Ciamis berubah status menjadi cabang Pangandaran mengikuti peta wilayah daerah . photo yang ada di samping itu diambil ketika momen acara haflah akhirissanah yang ke 9 (tahun kemarin) photo bareng personel drum band yang baru kami bentuk tahun ini dengan nama DRUMCORPS IWP PSM dan langsung ditampilkan untuk mengisi pra acara,meskipun baru terbentuk groupnya namun mampu memberikan suguhan yang menghibur bagi para santri dan masyarakat sekitar,perlu diketahui bahwa dalam "menghidupkan" group drum band ini sengaja kami tidak mendatangkan instruktur/pelatih  asli drum band tapi cukup para santri sendiri yang belajar secara otodidak dengan sedikit referensi video yang saya berikan,ketika saya melihat potensi dan bakat yang dimiliki  anak-anak saya yakin bahwa drum band bisa berjalan mandiri tanpa harus mendatangkan pelatih asli drum band,untuk itu saya dukung dan dorong terus supaya berlatih mandiri,akhirnya berhasil dan berjalan dengan baik meskipun hasilnya kurang optimal tapi sudah cukup memuaskan bagi kami.

(8). MA Sabilil Muttaqien Kalipucang Pangandaran 2013
Pengurus IWP photo bareng dengan kabid kesiswaan

Akreditasi sekolah/madrasah oleh BAN S/M merupakan momok  yang menakutkan bagi sekolah/madrasah yang akan divisitasi oleh assesor, lebih2 kalau komponen 8 standar yang wajib dipersiapkan yaitu mulai dari standar pengelolaan,penilaian,kelulusan dsb itu belum beres  susah kiranya untuk bisa tidur nyenyak malahan nggak bisa tidur dan nggak enak makan karena akan mempengaruhi penilaian asesor terhadap madrasah tersebut sehingga layak tidaknya sekolah/madrasah tersebut manyandang predikat sekolah/madrasah berstandar nasional.
Hal seperti itulah yang saya rasakan kemarin,masa liburan hari raya idul fitripun harus saya relakan untuk berlembur ria bersama team 8 standar,karena memang jadwal akreditasi kali ini dimajukan dari jadwal semula dan waktunya terlalu mepet dengan lebaran sehingga puasa tahun ini terasa berat,kebetulan juga saya masuk dalam kepanitiaan yaitu sebagai juru ketik (sekretaris.red)  sehingga harus bolak-balik Pangandaran Bandung untuk melengkapi administrasi akreditasi madrasah . akhirnya hari H-nya telah tiba,bukti fisik 8 standar yang telah kami siapkan walaupun kurang matang telah siap untuk diperiksa oleh team asesor dari BAN,beruntung madrasah kami mendapatkan jatah asesor yang tidak "neko-neko" sehingga acara pemeriksaan bukti fisik berjalan lancar tidak berbelit-belit seperti yang saya bayangkan sebelumnya,meskipun ada beberapa kekurangan dari beberapa bukti fisik namun hal itu bisa dimaklumi. 
Acara visitasi selama 2 hari berjalan dengan lancar  sesuai dengan yang kami harapkan dan saya lihat asesor cukup puas dengan sambutan dan kerjasama yang kami lakukan apalagi setelah melihat penampilan kreasi dan seni anak-anak yang sengaja kami suguhkan untuk beliau-beliaunya, suksesnya akreditasi ini berkat kekompakan dan kerja keras seluruh anggota team akreditasi dan sayapun optimis akan dapat nilai A. 
Photo di atas diambil pada acara hari terakhir visitasi  madrasah telah selesai dan team asesor telah meninggalkan tempat,waktu itu anak2 (pengurus IWP/OSIS) merengek-rengek ingin minta photo bareng bersama sang idola guru favoritnya (Ehm..ehm..3x uhk..hk.. salah ngga y nulisnya..??),jadi ya.. terpaksa dah.. saya ladeni untuk photo bersama he.. toh mereka juga telah ikut andil dalam membantu suksesnya akreditasi madrasah tercinta ini.

(9). Kec. Kalipucang Kab. Pangandaran 2013
Panitia jalan sehat HUT PSM - 70
Tepat tanggal 16 September 2013 PSM genap berumur 70 th. untuk itu dalam rangka menyambut HUT PSM ke-70, YPI PSM cab. Pangandaran mengadakan kegiatan "Jalan Sehat" yang diikuti seluruh keluarga besar PSM mulai dari santri,alumni,guru karyawan dan masyarakat kalipucang dan sekitarnya,  untuk lebih memeriahkan acara ini pesantren menggandeng pihak sponsor maka dipilihlah TELKOMSEL sebagai sponsor utama acara jalan sehat dalam rangka HUT PSM ke 70 adapun sponsor yang lain yaitu YAMAHA,TEH BOTOL SOSRO dan RADAR Tasikmalaya, kerjasama dengan pihak sponsor ini diwujudkan dalam bentuk pemberian hadiah-hadiah dari pihak sponsor kepada pihak panitia "Jalan Sehat" yang nantinya akan dibagikan kepada peserta jalan sehat,selanjutnya pihak panitia diwajibkan untuk mengontrol jalannya acara dan ikut mempromosikan produk pihak sponsor.
Wawancara Radar Tv Tasik dengan panitia

Acara berjalan dengan sangat meriah sekali warga kalipucang dan sekitarnya sangat antusias mengikuti acara jalan sehat ini karena tahu akan ada "banjir" hadiah.
Hal ini dapat diketahui dari banyaknya kartu perdana telkomsel (sebagai syarat untuk mendapatkan hadiah)   yang terjual, dari 5000 kartu perdana tinggal tersisa kurang lebih seratusan kartu. dan memang hadiah yang disediakan panitia cukup menarik dan menggiurkan,selain hadiah utamanya sepeda motor  yamaha mio j, masih ada sepeda gunung, mesin cuci,kipas angin,jam dinding dan masih buanyak lagi hadiah2 lainnya,meskipun ini merupakan acara pertama kali diadakan di luar lingkungan pesantren dan melibatkan masyarakat sekitar,hamdalah perayaan HUT PSM -70 ini berjalan dengan tertib dan lancar sesuai dengan yang diharapkan, sekali lagi kesuksesan acara tersebut berkat kekompakan dan kerja keras seluruh panitia . 

By.: Syukron Sajadi



2 comments:

  1. Assalamu'alaikum pak syukron..
    maaf pak saya nimbrung di blog bapak. :)
    bagus banget biografinya, bisa jadi inspirasi buat saya.
    pak foto2 nya bagus2, bacaannya seru dan juga ada humornya juga.
    tapi sayang pak saya gak ikut foto akreditasi di atas, sungguh sangat di sayangkan he,,.

    saya do'akan semoga bapak tambah sukses dalam karir dan hidupnya, pokonya semuanya !!.
    dan juga sekolah yang slalu saya banggakan tambah maju dan lebih hebat lagi.

    pak saya ucapkan terima kasih atas semua jasa2 mu dan ilmu2 yang telah bapak berikan kepada saya. semoga itu semua menjadi bekal buat saya untuk menjadi lebih baik lagi. Jasa2 mu tak akan pernah saya lupakan.
    termasuk peristiwa yang sampai saat ini saya kenang slalu, yaitu ketika bapak mengajarkan saya dan menuntun saya membuat surat undangan yang benar. saya masih ingat waktu ketika saat sore menjelang malam.
    ilmu itu sangat bermanfaat dan membantu saya, karena waktu itu saya menjabat sebagai Sekretaris Putra IWP PSM 2013.
    thanks for all my teacher.

    sebelumnya saya minta maaf atas kata-kata yang mungkin tidak berkenan di hati bapak.
    dan semoga saja bapak tidak lupa dengan saya he :)
    Hormat saya Irfan Ahmad Hidayat
    Alumni PSM 2014.
    Terima kasih...

    ReplyDelete
  2. wa'alaikumsalam wr. wb. y sama-sama semoga ilmunya bisa bermanfaat, dan tetap semangat dalam menuntut ilmu serta mengamalkannya. terima kasih sudah mau berkunjung ke blog ini.

    ReplyDelete