Friday, March 8, 2013

Muhasabah Waktu


Orang arab mengatakan waktu itu bagaikan pedang,orang eropa mengatakan waktu adalah uang,penjual emas mengatakan waktu itu lebih mahal/berharga daripada emas (kenapa nggak sekalian jualan waktu he..he.) dan masih banyak lagi perumpamaan-perumpamaan mengenai waktu dan semua perumpamaan itu menunjukkan betapa penting sebuah waktu bahkan dalam Kitabullah Dia SWT bersumpah dengan menggunakan nama-nama waktu, juga dalam sebuah hadits Rosulullah memperingatkan kita untuk menpergunakan waktu kita dengan sebaik-baik mungkin sebelum kedatangan waktu yang lain. Nah pertanyaannya sudahkah kita menggunakan waktu yang telah diberikan-Nya SWT dengan sebaik mungkin ? tentu jawabannya ada pada diri kita masing-masing.

Dalam sehari Allah memberikan kita waktu 24 jam tidak kurang tidak lebih,semua sama entah itu muda,tua atau bayi,pria maupun wanita tapi mengapa ada yang kaya ada yang miskin ada yang pintar ada yang bodoh,ada yang berhasil ada yang gagal ,ada yang jadi tuan ada yang jadi pelayan ? padahal semua sama punya waktu 24 jam dalam sehari. Setelah saya riset asal-asalan (maksudnya asal cocok dengan data dan fakta) hasil mengatakan bahwa salah satu kunci orang-orang yang berhasil alias sukses atau beruntung itu mampu mengatur,menjadwal,menggunakan dan memanfaatkan waktu yang dimilikinya dengan semaksimal mungkin untuk hal-hal positif dan bagi orang yang gagal/merugi sebaliknya,kesimpulannya adalah kalau kita ingin tergolong orang-orang yang beruntung janganlah menyia-nyiakan waktu yang kita miliki karena waktu tidak kenal kompromi dia terus berjalan baik kita manfaatkan maupun tidak kita manfaatkan dari detik ke detik,dari menit ke menit,dari jam ke jam,hari ke minggu dst.
Untuk mempermudah kita mengatur waktu alangkah baiknya kita mengetahui konversi waktu dan satuannya..
1 Detik = Sama Dengan Seper 60 Menit (1/60 Detik)
1 Menit = Sama Dengan 60 Detik
1 Jam = Sama Dengan 60 Menit
1 Jam = Sama Dengan 3.600 Detik
1 Hari = Sama Dengan 24 Jam
1 Hari = Sama Dengan 1.440 Menit
1 Hari = Sama Dengan 86.400 Detik
1 Minggu = Sama Dengan 7 Hari
1 Bulan = Sama Dengan 28 Sampai 31 Hari
1 Bulan = Sama Dengan 4 Minggu
1 Caturwulan Atau Cawu = Sama Dengan 4 Bulan
1 Semester = Sama Dengan 6 Bulan
1 Tahun = 365 Sama Dengan Hingga 366 Hari
1 Tahun = Sama Dengan 12 Bulan
1 Dasawarsa = Sama Dengan 10 Tahun
1 Abad = Sama Dengan 100 Tahun

Ilmu Tambahan : Kalau mau merubah sendiri misal satu tahun berapa detik tinggal dikalikan saja dari masing-masing konversi waktu yang saling berkaitan. Contoh penyeleaiannya adalah satu tahun sama dengan 365 atau 366 hari dikali 86.400 detik untuk mengetahui jumlah detik dalam satu tahun. Sekian semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment