Monday, April 30, 2012

Sinopsis ???

Sinopsis merupakan ringkasan cerita dengan mengutamakan alur atau plot yang tepat dan menarik dari suatu cerpen, novel, atau drama. Sinopsis dapat pula diartikan sebagai ikhtisar karangan yang biasanya diterbitkan bersama-sama dengan karangan aslinya agar pembaca tertarik untuk membaca isi utuh karangan tersebut. Dengan demikian, penulis sinopsis hendaknya mampu memberikan dorongan kepada pembaca agar tertarik membeli buku yang ada di depannya dan menggerakkan keinginan pembaca untuk membaca sebuah karangan dengan segala cara agar lebih nikmat dan jelas daripada hanya membaca sinopsisnya saja.
Sinopsis adalah ringkasan cerita cerpen. Ringkasan cerpen adalah bentuk pemendekan dari sebuah cerpen dengan tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik cerpen tersebut. Membuat sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk menyajikan cerita yang panjang dalam bentuk yang singkat.
Dalam sinopsis, keindahan gaya bahasa, ilustrasi, dan penjelasan-penjelasan dihilangkan, tetapi tetap mempertahankan isi dan gagasan umum pegarangnya.
Sinopsis biasanya dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya dua atau tiga halaman, seperlima atau sepersepuluh dari panjang karangan asli

·    Kalo resensi selain meringkas isi buku, kita juga harus memuatkan kelebihan dan kekurangan dari buku yg kita baca, tapi kalau sinopsis cuma meringkas isinya aja .
·    Resensi bisa juga disebut ringkasan atau lebih singkatnya, Resensi adalah pertimbangan, pembicaraan atau ulasan sebuah buku.
Sinopsis, sebenarnya mirip dengan rangkuman, bedanya kalau rangkuman biasanya kata-katanya dirangkum menjadi satu. Tetapi menjadi lebih ringkas. Sedangkan Sinopsis, merangkum dengan menggunakan bahasa yang biasa kita pakai atau Sinopsis dapat dikatakan sebagai ringkasan suatu cerita

No comments:

Post a Comment