1.
Pengertian Laporan
Definisi
laporan :
1. Suatu bentuk
penyampaian berita,keterangan,pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik
secara lisan maupun secara tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan
hubungan wewenang dan tanggung jawab yang ada diantara mereka.
2.
Fungsi Laporan
Fungsi laporan
diantaranya adalah sebagai berikut:
- pertanggungjawaban bagi orang yang diberi tugas
- landasan pimpinan dalam mengambil kebijakan/keputusan
- alat untuk melakukan pengawasan
- dokumen sebagai bahan studi dan pengalaman bagi orang lain.
- pertanggungjawaban bagi orang yang diberi tugas
- landasan pimpinan dalam mengambil kebijakan/keputusan
- alat untuk melakukan pengawasan
- dokumen sebagai bahan studi dan pengalaman bagi orang lain.
3.
Macam-macam Laporan
Macam-macam
laporan menurut bentuknya:
- laporan berbentuk formulir
- laporan berbentuk surat
- laporan berbentuk memorandum (memo)
- laporan berbentuk naskah
- laporan berbentuk buku
- laporan berbentuk formulir
- laporan berbentuk surat
- laporan berbentuk memorandum (memo)
- laporan berbentuk naskah
- laporan berbentuk buku
4.
Dasar – dasar membuat Laporan
a.
Clear
Kejelasan
suatu laporan diperlukan baik kejelasan dalam pemakaian bahasa, istilah, maupun
kata-kata harus yang mudah dicerna, dipahami dan dimengerti bagi si pembaca.
b.
Mengenai sasaran permasalahannya
Caranya
dengan jalan menghindarkan pemakaian kata-kata yang membingungkan atau tidak
muluk-muluk, demikian juga hal dalam penyusunan kata-kata maupun kalimat harus
jelasm singkat jangan sampai melantur kemana-mana dan bertele-tele yang membuat
si pembaca laporan semakin bingung dan tidak mengerti.
c.
Lengkap (complete)
Kelengkapan
tersebut menyangkut :
#.
Permasalahan yang dibahas harus sudah terselesaikan semua sehingga tidak
menimbulkan tanda Tanya
#. Pembahasan
urutan permasalahan harus sesuai dengan prioritas penting tidaknya permasalahan
diselesaikan
d. Tepat waktu
dan cermat
Tepat
waktu sangat diperlukan dalam penyampaian laporan kepada pihak-pihak yang
membutuhkan karena pihak yang membutuhkan laporan untuk menghadapi
masalah-masalah yang bersifat mendadak membutuhkan pembuatan laporan yang bisa
diusahakan secepat-cepatnya dibuat dan disampaikan.
e. Tetap
(consistent)
Laporan
yang didukung data-data yang bersifat tetap dalam arti selalu akurat dan tidak
berubah-ubah sesuai dengan perubahan waktu dan keadaan akan membuat suatu
laporan lebih dapat dipercaya dan diterima.
f. Objective dan
Factual
Pembuatan
laporan harus berdasarkan fakta-fakta yang bisa dibuktikan kebenarannya maupun
dibuat secara obyektif.
g. Harus ada
proses timbal balik
a.
Laporan yang baik harus bisa dipahami dan dimengerti sehingga menimbulkan
gairah dan minat si pembaca
b. Jika si
pembaca memberikan respon berarti menunjukkan adanya proses timbal balik yang
bisa memanfaatkan secara pemberi laporan maupun si pembaca laporan
5.
Sistematika Laporan
Laporan lengkap yang lengkap, harus
dapat menjawab semua pertanyaan mengenai : apa ( what ), mengapa ( why ), siapa
( Who ), dimana ( where ), kapan ( when ), bagaimana ( how ).Urutan isi laporan
sebaiknya diatur, sehingga penerima laporan dapat mudah memahami.
Urutan
isi laporan antara lain sebagai berikut :
1.Pendahuluan
Pada pendahuluan disebutkan tentang :
Pada pendahuluan disebutkan tentang :
1)
Latar belakang kegiatan.
2)
Dasar hukum kegiatan.
3)
Apa maksud dan tujuan kegiatan.
4)
Ruang lingkup isi laporan.
2.
Isi Laporan
Pada bagian ini dimuat segala sesuatu yang ingin dilaporkan antara lain :
Pada bagian ini dimuat segala sesuatu yang ingin dilaporkan antara lain :
1)
Jenis kegiatan.
2)
Tempat dan waktu kegiatan.
3)
Petugas kegiatan.
4)
Persiapan dan rencana kegiatan.
5)
Peserta kegiatan.
6)
Pelaksanaan kegiatan (menurut bidangnya, urutan waktu pelaksanaan, urutan fakta
/ datanya).
7)
Kesulitan dan hambatan.
8) Hasil
kegiatan.
9) Kesimpulan dan saran penyempurnaan kegiatan yang akan datang.
9) Kesimpulan dan saran penyempurnaan kegiatan yang akan datang.
3. Penutup
Pada
kegiatan ini ditulis ucapan terima kasih kepada yang telah membantu
penyelenggaraan kegiatan itu, dan permintaan maaf bila ada
kekurangan-kekurangan. Juga dengan maksud apa laporan itu dibuat.
Bgmna,mngbh laporan lisan mnjd tulis?
ReplyDelete